Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Nasional Harus Gandeng Pengusaha Lokal

Kompas.com - 07/05/2012, 17:16 WIB
Siwi Yunita Cahyaningrum

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian MS Hidayat meminta para investor nasional melibatkan pengusaha dan pekerja lokal di setiap pembangunan proyek di daerah.

Hal itu diungkapkan Hidayat saat meresmikan groundbreaking pabrik semen Bosowa di Banyuwangi, Jawa Timur Senin (7/5/2012).

Menurut Hidayat, kawasan industri nantinya tidak hanya terpusat di Banten dan Jawa Barat. Jawa Timur pun nantinya akan berkembang kawasan industri. "Gubernur Jawa Timur minta kawasan industri seluas 5.000 hektar ada di Jatim. Tentunya saya sepakat bahwa nanti masyarakat lokal akan digandeng," katanya.

Perkembangan sektor industri menurut Hidayat mencapai 6,9 persen pada tahun lalu. Angkanya melesat dibandingkan tahun 2010 yang hanya 2,3 persen.

Tingginya pertumbuhan itu ditandai dengan habisnya area di kawasan industri di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi.

Di Banyuwangi, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan pihaknya membuka kawasan Industri baru seluas 600 hektar. Kawasan tersebut berada di daerah Wongsorejo yang berjarak 13 km dari Pelabuhan Banyuwangi.

Anas mengakui pihaknya gencar membuka peluang investasi. Tidak hanya Bosowa tapi perusahaan lain seperti kilang minyak, dan otomotif kini menjajaki peluang investasi di Banyuwangi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com