Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadin dan JCI Tingkatkan Peluang Bisnis ASEAN

Kompas.com - 08/05/2012, 17:37 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah delegasi Junior Chamber Internasional (JCI) Senate ASEAN yang dipimpin ketuanya, Arturo Douglas Nazareno, melakukan serangkaian kunjungan ke Indonesia. Kunjungan dilakukan untuk mengeksplorasi peluang-peluang bisnis yang ada di ASEAN, termasuk Indonesia sejak 4-8 Mei 2012.

Dalam kunjungannya kali ini, JCI Senate ASEAN telah melakukan serangkaian pertemuan dengan Sekretaris Jenderal ASEAN, Surin Pitsuwan, Ketua DPD RI Irman Gusman, dan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Suryo Bambang Sulisto.

Selain membahas peluang-peluang bisnis, JCI Senate Asean telah menyematkan Ketua Umum Kadin sebagai anggotanya. Setelah pengangkatan tersebut, Ketua Umum Kadin akan mengunjungi Missouri, Amerika Serikat untuk lebih mempromosikan bisnis ASEAN, melalui optimalisasi kegiatan business matching, managerial training, community service, termasuk kegiatan sosialnya.

Mantan Presiden Senat ASEAN untuk Indonesia, Yugi Prayanto, Selasa (8/5/2012), mengatakan, setiap pelaku usaha memiliki potensi satu sama lain untuk lebih mengembangkan keterampilan berbisnis, atau mengembangkan produk/jasa perusahaannya di suatu negara, provinsi, bahkan potensi di daerah sekalipun.

"Semua pencapaian itu memerlukan usaha dengan lebih mengeksplorasi dan menggali potensi-potensi, agar bisnis lebih bernilai," ujarnya.

Yugi berharap, dengan diangkatnya Ketua Umum Kadin Sebagai anggota JCI Senate ASEAN akan lebih memperbesar peluang Indonesia untuk berbicara banyak di dunia bisnis internasional, melalui pendekatan dan keterlibatan Kadin keseluruhan mulai dari pusat, daerah hingga komite-komite bilate ral yang telah dibentuk Kadin.

Keterlibatan Kadin dalam JCI Senate ASEAN akan lebih memperkaya jaringan dan kontak bisnis di wilayah ASEAN khususnya, bahkan internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com