Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Lelang Surat Berharga Syariah

Kompas.com - 09/05/2012, 17:07 WIB
FX. Laksana Agung S

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan Rahmat Waluyanto di Jakarta, Rabu (9/5/2012), menyatakan, pemerintah melakukan lelang Green Shoe Option(GSO) untuk surat berharga syariah negara jangka pendek selama enam bulan. Hal itu untuk kali pertama dilakukan pemerintah.

Total penawaran senilai Rp 955 miliar dan dimenangkan Rp 755 miliar dengan bunga 3,82887persen.

Lelang tersebut merupakan lelang tambahan dari lelang seri yg sama pada hari sebelumnya. "Lelang ini hanya diikuti oleh Bank Indonesia dan dimaksudkan selain untuk refinancing SBN jangka pendek yang jatuh tempo juga untuk benchmarkingharga SPN-syariah, serta utk mendukung pengelolaan likuiditas perbankan syariah oleh Bank Indonesia," kata Rahmat.

Pada Selasa lalu, untuk lelang SPN-syariah, penawaran yang dimenangkan adalah Rp 150 miliar dari total penawaran masuk sebesar Rp 1,596 triliun. Dengan adanya GSO, maka jumlah SPN-S hasil lelang minggu ini adlah Rp 800 miliar.

Sampai dengan akhir 2012 masih akan ada lelang SPN-Ssecata reguler 2 kali per bulan. Lelang GSO SBSN jangka pendek hanya bisa diikuti oleh BI. Sedangkan utk SBSN jangka panjang juga bisa diikuti oleh LPS dan lembaga keuangan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com