Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

250 Sarjana Baru Bakal Direkrut BP Migas

Kompas.com - 09/05/2012, 18:37 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPMIGAS) menandatangani nota kesepahaman dengan Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (BADIKLAT KESDM) serta dan enam perguruan tinggi, untuk bekerja sama melaksanakan program National Capacity Building (NCB). Penandatanganan dilaksanakan di Jakarta, Rabu (9/5/2012).

Perguruan tinggi yang dilibatkan yakni yakni ITB, UI, Trisakti, UGM, UNPAD, dan UPN.

Program NCB bertujuan meningkatkan kapasitas nasional, yang dilakukan antara lain melalui program percepatan/akselerasi tenaga kerja petrotechnikal dan kompetensi teknis terkait sebanyak 250 orang sampai dengan tahun 2014. 

Melalui program NCB ini, BPMIGAS akan merekrut lulusan sarjana (fresh graduate atau maksimal 2 tahun pengalaman kerja), untuk kemudian dididik selama dua tahun dalam program akselerasi tersebut.

Pelaksanaan pendidikan selama dua tahun ini dijalankan dengan bekerja sama dengan BADIKLAT KESDM dan enam perguruan tinggi dimaksud.

Status peserta selama mengikuti Program NCB adalah sebagai management trainee (MT) di BPMIGAS, dengan status karyawan tidak tetap. Setelah selesai mengikuti Program NCB, peserta akan ditempatkan di BPMIGAS atau ditawarkan ke Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS), dan harus bekerja di BPMIGAS atau pada Kontraktor KKS selama 3N+1. 

"Program ini bertujuan untuk menjadikan tenaga kerja Indonesia siap pakai, dan mempunyai kompetensi teknis yang sesuai pada kegiatan usaha hulu migas nasional," ujar Kepala BPMIGAS, R Priyono.

Priyono menambahkan bahwa program akselerasi ini diharapkan bisa memberikan jawaban, adanya kesenjangan kompetensi antara profesional migas nasional yang tersedia dengan yang dibutuhkan.

Rencana program NCB yang akan dilakukan dari tahun 2012 sampai 2014 adalah program akselerasi untuk geologist and geoscientist,  drilling engineer, drilling supervisor, reservoir engineer, production/operation engineer, process engineer, production supervisor, maintenance/reability engineer, dan rotating equipment engineer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com