Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data Ekonomi AS Menambah Keyakinan Investor

Kompas.com - 11/05/2012, 08:21 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Data jumlah pengangguran atau jobless claims pada pekan pertama di bulan Mei di Amerika Serikat kembali mencatat penurunan ke titik terendahnya sebagaimana Februari lalu. Ini menjadi salah satu sinyal baik bagi perekonomian Negeri Paman Sam itu.

Jobless claims turun 1.000 menjadi 367.000. Walaupun consumen confidence bulan April lalu turun, menurut analis Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih di Jakarta, Jumat (11/5/2012), membaiknya jobless claims ini masih akan menguatkan konsumsi masyarakat yang menyumbang PDB AS hingga 70 persen.

Konsumsi masyarakat yang masih kuat juga terlihat dari membesarnya defisit perdagangan (naik 14 persen dibanding tahun lalu/yoy) menjadi 51,8 miliar dollar AS akibat meningkatnya permintaan untuk minyak mentah dan otomotif.

Data positif lainnya, anggaran pemerintah AS yang berakhir pada tahun fiskal April 2012 mencatat surplus sebesar 59,1 miliar dollar AS dibandingkan tahun fiskal April 2011 yang tercatat defisit 40,4 miliar dollar AS.

Surplus ini akibat penerimaan pajak yang meningkat disertai menurunnya pengeluaran pemerintah. "Surplus ini membantu keyakinan positif investor mengenai anggaran AS yang sehat," kata Lana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com