Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaim Pengangguran AS Dorong Harga Minyak Naik

Kompas.com - 11/05/2012, 08:22 WIB
Ester Meryana

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak naik untuk pertama kalinya dalam tujuh hari seiring klaim untuk tunjangan pengangguran di Amerika Serikat turun pada minggu lalu ke posisi terendah dalam satu bulan. Kondisi ini mendorong optimisme bahwa tingkat permintaan bahan bakar di AS akan tumbuh.

Harga minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengantaran Juni naik 27 sen menjadi 97,08 dollar AS per barrel di Nymex, Kamis (10/5/2012) waktu New York. Sedangkan, minyak Brent untuk penetapan Juni naik 47 sen, atau 0,4 persen, menjadi 112,73 dollar AS per barrel di ICE Futures Europe exchange, London.

Naiknya harga minyak menyusul laporan Departemen Tenaga Kerja AS bahwa klaim pengangguran turun 1.000 menjadi 367.000 pada periode yang berakhir 5 Mei 2012. Ini angka yang terendah sejak akhir Maret. Sebelumnya klaim rata-rata mencapai 373.000 sejak akhir Februari. Dan, taksiran Bloomberg melalui survei adalah 368.000.

"Data pekerjaan mendukung dan (harga) minyak naik setelah angka itu (turun)," sebut Tom Bentz, Direktur BNP Paribas Prime Brokerage Inc, Kamis waktu setempat.

Tom mengatakan, pasar minyak mentah kembali pulih setelah belakangan hari ini terus mengalami penurunan harga. Harga minyak mentah turun secara signifikan beberapa hari terakhir ini dengan sejumlah sebab yakni pernyataan Presiden Bank Sentral Eropa (ECB), Mario Draghi, yang menyebutkan ekonomi di zona euro diperkirakan mengarah ke risiko penurunan.

Pernyataan Mario sempat membuat harga minyak WTI anjlok 2,68 dollar AS menjadi 102,54 pada Kamis (3/5/2012). Disusul kemudian oleh hasil pemilihan umum di Perancis dan Yunani. Di Perancis, Francois Hollande terpilih sebagai Presiden Perancis, sedangkan banyak orang beralih ke partai non-dana talangan di Yunani.

Setelah itu, muncul pernyataan dari Menteri Perminyakan Arab Saudi, Ali al-Naimi. Ia mengatakan bahwa harga minyak harus turun. Harga minyak WTI pun akhirnya turun 93 sen menjadi 97,01 dollar AS per barrel di Nymex, Selasa (8/5/2012)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com