Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi Batubara Tahun Depan Diprediksi 450 Juta Ton

Kompas.com - 15/05/2012, 16:17 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah menerima pengajuan rencana produksi batubara tahun 2013 dengan total volume produksi 450 juta ton. Hal ini berarti melampaui target produksi batubara yang ditetapkan pemerintah.

"Tahun depan, rencana produksi sudah mendekati 500 juta ton. Maka dari itu, kami sangat menaruh perhatian soal pengendalian produksi batubara ini," kata Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Kementerian ESDM Edi Prasodjo, Selasa (15/5/2012), di Jakarta. Untuk tahun ini, pemerintah memperkirakan realisasi produksi batubara nasional sebanyak 330 juta ton dan itu diperkirakan bisa terlewati.

Tahun lalu, realisasi produksi batubara sudah di atas 330 juta ton. "Yang jelas, ekspor batubara yang semula masih 30 persen sekarang komposisinya tinggal 25 persen dan bisa jadi nantinya tinggal 10 persen," katanya.  

Menurut Edi, pihaknya masih membahas pengendalian produksi batubara itu dalam beberapa bentuk, misalnya penetapan kriteria batubara yang bisa diekspor dan jenis batubara yang tidak bisa diekspor. "Kami sedang membahas itu," katanya menambahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com