Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalimantan Dapat Tambahan BBM Nonsubsidi

Kompas.com - 17/05/2012, 11:44 WIB
Hindra Liu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik mengatakan, pemerintah pusat akan memberikan tambahan bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi kepada empat pemerintah provinsi di Kalimantan. Terkait besarannya, Jero mengaku tidak mengetahuinya.

"Kita berikan tambahan untuk Kalimantan. BBM nonsubsidi, ya solar, premium," kata Jero kepada para wartawan, Kamis (17/5/2012) di Jakarta.

Menurut Jero, BBM nonsubsidi ditujukan pada pelaku industri pertambangan dan perkebunan. Menurutnya, hal ini sejalan dengan langkah pemerintah mengendalikan penggunaan BBM bersubsidi.

Pada awal bulan lalu, Jero mengatakan akan mengeluarkan regulasi yang melarang mobil barang yang digunakan bagi kegiatan perkebunan dan pertambangan menggunakan jenis BBM bersubsidi berupa solar. Perusahaan itu wajib menyediakan tempat penyimpanan BBM dengan kapasitas sesuai kebutuhan.

Selain itu, Jero mengatakan, pemerintah akan mengajukan tambahan kuota BBM bersubsidi kepada DPR. Terkait besarannya, pemerintah akan melakukan kajian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com