Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CIMB Niaga Salurkan Kredit Rp 47,43 Triliun

Kompas.com - 21/05/2012, 11:50 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank CIMB Niaga Tbk mencatatkan penyaluran kredit sebesar Rp 47,43 triliun hingga akhir Maret 2012. Jumlah ini tumbuh 23 persen dari posisi yang sama tahun lalu yang mencapai Rp 38,59 triliun. Angka itu pun memberikan kontribusi terbesar, yakni 36 persen, terhadap total kredit CIMB Niaga secara bankwide per 31 Maret 2012 yang mencapai Rp 129,83 triliun.

Handoyo Soebali, Direktur Commercial Banking & Syariah CIMB Niaga mengungkapkan, keberhasilan peningkatan penyaluran pembiayaan ini didukung oleh tingginya permintaan pasar akan produk-produk pembiayaan komersial. Hal itu juga dihasilkan dari upaya pengembangan bisnis yang agresif dengan memanfaatkan business referral dari nasabah-nasabah segmen perbankan komersial yang memiliki historis kinerja yang baik.

"Kami terus mengoptimalkan peluang serta menggali potensi pertumbuhan bisnis di pasar perbankan komersial dengan tulang punggungnya antara lain sektor agrobisnis, pertambangan, manufaktur dan perdagangan, pariwisata, otomotif, dan consumer goods," jelas Handoyo, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (21/5/2012).

Menurut Handoyo, perbankan komersial CIMB Niaga memiliki beberapa segmen bisnis untuk pembiayaan nasabah. Salah satunya adalah unit High-End Commercial (HEC), yang menangani nasabah perusahaan dengan kebutuhan kredit sampai dengan Rp 200 miliar. Hingga akhir Maret 2012, HEC telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 24,92 triliun, sekaligus memberikan kontribusi terbesar (52 persen) terhadap total pembiayaan perbankan komersial CIMB Niaga.

Adapun unit lainnya adalah Small Medium Enterprise (SME) Commercial, yang menangani nasabah perusahaan dengan kebutuhan kredit sampai dengan Rp 25 miliar. Sampai dengan kuartal pertama 2012, SME Commercial telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 14,99 triliun. Naik 22 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp 12,27 triliun. CIMB Niaga juga menyalurkan kredit mikro sebesar Rp 1,45 triliun di akhir Maret 2012.

"Meskipun kontribusinya terhadap total penyaluran pembiayaan di segmen perbankan komersial masih relatif kecil yaitu sekitar 3 persen, pencapaian tersebut merupakan kinerja yang mengesankan karena mencerminkan tingkat pertumbuhan sebesar 220 persen year on year dari total Rp 453 miliar di akhir Maret 2011," tutup Handoyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com