Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Bank Asing Siap Beli Obligasi Rekap Bank Mandiri

Kompas.com - 21/05/2012, 15:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) semakin mantap melepas obligasi rekapitulasi miliknya dengan cara menjual langsung ke pasar. Mekanisme yang dalam waktu dekat akan ditempuh Mandiri ialah dengan menjual lewat mekanisme pinjaman valuta asing (valas).

"Ada beberapa bank yang akan memberikan pinjaman. Saya belum bisa disclose sekarang. Tapi saya jamin konkret. Prosesnya dalam beberapa minggu ke depan bisa selesai dan kami bisa cerita bagaimana perkembangannya," kata Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini, Senin (21/5/2012).

Direktur Treasury, Financial Institution & Special Asset Management Bank Mandiri Royke Tumilaar menambahkan ada tiga bank asing yang bakal membeli obligasi rekap Bank Mandiri. Pembelian ini dengan skema pinjaman valas senilai kurang lebih Rp 3 triliun.

"Kami ingin obligasi rekap ini bisa juga sekalian untuk pembiayaan. Walaupun sebetulnya untuk pembiayaan valas Bank Mandiri belum terlalu membutuhkan," ujar Royke.

Sekedar mengingatkan, Bank Mandiri memiliki tiga strategi utama melepas obligasi rekap yang berstatus Available for Sale (AFS) dengan nilai total Rp 54 triliun. Pertama, menjual langsung ke pasar. Kedua, menjual ke Bank Indonesia (BI) untuk digunakan sebagai instrumen moneter. Ketiga, mengupayakan pemerintah mem-buyback obligasi rekapitalisasi.

Untuk cara pertama bisa ditempuh dengan dua mekanisme. Dijual tersendiri atau digabungkan dengan aset lain dari Bank Mandiri yang berpotensi dijual. "Ketiga strategi tersebut berjalanan parelel. Kita lihat mana yang bisa lebih dulu dilakukan," pungkas Zulkifli. (Astri Kharina Bangun/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com