Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keyakinan Konsumen Turun 2,9 Poin

Kompas.com - 21/05/2012, 15:39 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

 JAKARTA, KOMPAS.com - Keyakinan Konsumen Indonesia bulan April berada di titik 139,6 atau turun 2, 9 poin di bandingkan bulan sebelumnya. Keyakinan Konsumen kini 3 poin lebih rendah dibandingkan setahun yang lalu di bulan April 2011 (142 ,6 poin) .

Survei Kamar Dagang dan Industri bersama Roy Morgan, yang dirilis Senin (21/5/2012) menyebutkan penurunan tersebut dikarenakan turunnya keyakinan dalam semua komponen yang disurvei, kecuali ekspektasi rakyat mengenai keadaan keuangan satu tahun ke depan. Kini 50 persen orang Indonesia (turun 3 poin) menyatakan sekarang adalah waktu yang baik untuk membeli peralatan rumah tangga utama (terendah sejak Juli 2011), dibandingkan 44 persen (naik 1 poin) yang menyatakan sekarang waktu yang buruk untuk membeli peralatan rumah tangga utama.       

Mengenai kondisi ekonomi, kini 73 persen masyarakat Indonesia (turun 2 poin) mengatakan bahwa Indonesia akan mengalami masa yang baik secara finansial selama jangka waktu 12 bulan ke depan (angka terendah selama lebih dari 2 tahun, sejak Januari-Maret 2010) dibandingkan 26 persen (naik 1 poin) yang mengatakan akan mengalami masa yang buruk secara finansial.        

Walaupun menurun, namun tetap sebagian besar orang Indonesia, yaitu 84 persen (turun 3 poin) memperkirakan bahwa perekonomian Indonesia akan mengalami masa yang baik selama lima tahun ke depan, dibandingkan 15 persen (naik 2 poin) mengatakan perekonomian akan mengalami masa buruk. Kini 59 persen masyarakat (turun 1 poin) memperkirakan bahwa kondisi keuangan keluarga akan lebih baik di waktu yang sama tahun depan, dibandingkan hanya 4 persen (turun 1 poin) yang menyatakan bahwa akan lebih buruk.       

Dalam hal keuangan pribadi, 37 persen (turun 3 poin) masyarakat Indonesia mengatakan bahwa kondisi keuangan keluarga mereka lebih baik dibandingkan setahun yang lalu. Sedangkan 16 % (turun 1 poin) mengatakan kondisi keuangan keluarga mereka lebih buruk dibandingkan setahun yang lalu.  

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com