Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ex Petinggi Goldman, Target Kasus "Insider Trading"

Kompas.com - 22/05/2012, 14:46 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Rajat Gupta, seseorang yang pernah duduk di jajaran direksi Goldman Sachs dan sekaligus managing director McKinsey & Co menjadi target utama pemerintah Amerika Serikat (AS) dalam memerangi kasus insider trading.

Gupta menghadapi pengadilan New York Senin dengan tuduhan percobaan melakukan insider trading. Beberapa saksi potensial atas kasus ini adalah beberapa tokoh penting dunia seperti Warren Buffett, Meredith Whitney, CEO Goldman Lloyd Blankfein dan CEO HP, Meg Whitman.

"Ini adalah kasus individu dengan profil tingkat tinggi," ujar Jeff Ifrah, seorang pengacara di Washington DC.

Kasus ini merupakan bagian gelombang penyelidikan insider trading yang sudah dilakukan bertahun-tahun di mana telah menghasilkan 66 dakwaan dan 59 hukuman. Tak ada satupun dari terdakwa yang dibebaskan atas kasus ini, meskipun beberapa kasus masih tertunda.

Salah satu contoh kasus serupa adalah kejahatan investasi yang dilakukan oleh Raj Rajaratnam, yang merupakan manajer di sebuah hedge fund yang akhirnya dihukum 11 tahun penjara. (Dyah Megasari/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com