Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KKKS Siap Investasi Miliaran Dollar As

Kompas.com - 23/05/2012, 17:38 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Perminyakan Indonesia menyatakan, perusahaan-perusahaan migas siap berinvestasi miliaran dollar AS untuk mendorong kegiatan eksplorasi dan produksi migas di Indonesia. Untuk itu, pelaku usaha migas meminta insentif dari pemerintah.

Ketua Asosiasi Perminyakan Indonesia Elisabeth Proust, memaparkan hal itu, pada pembukaan pameran dan konvensi yang diprakarsai Asosiasi Perminyakan Indonesia, Rabu (23/5/2012), di Jakarta.

" Perusahaan anggota anggota IPA siap menginvestasikan miliaran dollar dalam lingkungan investasi yang stabil, konstruktif," katanya.

Menurut Proust, industri migas terus menjadi industri strategis. Pada tahun 2011, sektor migas telah memberikan kontribusi 35 miliar dollar AS terhadap pendapatan negara, atau 21 persen dari total APBN. Sementara total nilai investasi langsung kepada industri mencapai lebih dari 16 miliar dollar AS.

"Perusahaan-perusahaan anggota siap untuk menginvestasikan miliaran dollar AS dalam lingkungan investasi yang stabil dan konstruktif," ujar Proust.

Hingga saat ini lebih dari tiga perempat cadangan energi terpulihkan nasional telah dihasilkan. Jika Indonesia ingin tetap memiliki sumber daya energi berkelanjutan, maka harus diupayakan dengan cepat cara untuk menemukan sumber daya baru.

Untuk dapat mencapai hal itu, perlu kerja sama yang intensif antara pemangku kepentingan untuk mendorong investasi di sektor migas.

"Kami percaya, pemerintah menyadari adanya kebutuhan mendesak untuk menciptakan iklim investasi yang positif untuk mendorong investasi lebih lanjut untuk kegiatan eksplorasi dan produksi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com