Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Sambut Positif Penerbitan Eurobond

Kompas.com - 25/05/2012, 10:15 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Ide penerbitan "joint european bond" kembali mencuat. Pasar dimotori perbankan Eropa pun siap menyambut positif rencana itu.

Perdana Menteri Italia Carlo Monti mensinyalkan mayoritas pemimpin-pemimpin UE akan mendukung penerbitan joint european bond untuk mengembalikan keyakinan investor terhadap penanganan krisis di Uni Eropa. Usulan penerbitan joint euro bond ini sebelumnya ditolak oleh Jerman.

Menurut ekonom Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih, di Jakarta, Jumat (25/5/2012), pasar menyambut positif rencana ini walaupun beberapa data ekonomi turun. Antara lain output di sektor manufaktur dan jasa di Uni Eropa, keyakinan pelaku usaha di Jerman, pertumbuhan ekonomi Inggris pada kuartal pertama tahun ini negatif 0,3 persen dibanding tahun sebelumnya.

Dari Amerika Serikat, ada penurunan pesanan perusahaan untuk komputer, mesin-mesin, dan peralatan permodalan lainnya pada bulan April dalam dua bulan terakhir ini. Sektor manufaktur di AS masih ekspansi tetapi dengan pertumbuhan terendah dalam 3 bulan terakhir.

Data dari China juga diperkirakan menambah kekhawatiran efek kontraksi di UE. Sektor manufaktur diperkirakan melemah pada Mei ini untuk tujuh bulan berturut-turut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com