Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertumbuhan Sektor Jasa Bakal Lampaui PDB

Kompas.com - 25/05/2012, 15:15 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Penasihat Ekonomi ICAEW dan Kepala Bidang Makroekonomi Cebr, Charles Davis, mengatakan, sektor jasa Indonesia akan tumbuh hingga 54 persen pada tahun 2020. Semakin tingginya pengeluaran untuk perjalanan wisata menjadi salah satu pendorongnya.

"Pada tahun 2020, kami bisa memperkirakan sektor jasa Indonesia meningkatkan hasil nasionalnya sebanyak 6 persen hingga 54 persen," kata Charles, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (25/5/2012).

Ia menerangkan, sektor jasa nasional bisa tumbuh hingga 7,8 persen per tahunnya. Angka tersebut melampaui pertumbuhan PDB Indonesia yang diperkirakan bisa mencapai 6,1 persen per tahun.

Charles menyebutkan, pertumbuhan sektor jasa tersebut akan didorong oleh pengeluaran untuk perjalanan, wisata, dan hiburan yang lebih tinggi. Dan juga didukung oleh lebih banyaknya layanan kesehatan dan pendidikan, sekaligus layanan usaha yang mendukung peningkatan kompleksitas dari basis industri.

Untuk diketahui saja ICAEW adalah organisasi keanggotaan profesional, yang mendukung lebih dari 138.000 akuntan resmi di seluruh dunia. Melalui pengetahuan, keterampilan, dan keahlian teknis, organisasi ini memberikan wawasan dan kepemimpinan kepada profesi akuntansi dan keuangan dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com