Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sentimen Membaik, Rupiah Bisa Menguat di Awal Pekan

Kompas.com - 28/05/2012, 07:59 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com -  Nilai tukar rupiah atas dollar AS dapat menguat di awal pekan ini setelah turun tajam pada perdagangan akhir pekan lalu. Penguatan ini dapat terjadi jika sentimen positif bertahan. Ada tekanan tajam pada nilai tukar rupiah (IDR) pada perdagangan Jumat lalu (25/5/2012).

Rupiah di pasar spot melesat menembus level Rp 9.450 per dollar AS, sedangkan di pasar non delivery forward sempat melesat ke Rp 9.800 per dollar AS. "Tekanan spekulasi ini membuat BI terus menjaga pasar dan ditutup di Rp.9.454 per USD (kurs tengah Bloomberg) atau melemah 2 persen," kata ekonom Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih di Jakarta, Senin (28/5/2012).

Pelemahan rupiah merembet ke bursa Indonesia (IHSG). IHSG ditutup turun 2,07 persen menjadi 3.902,51, Jumat lalu. Sedangkan harga minyak mentah belum banyak berubah. Lana menyatakan, sentimen pasar Asia kemungkinan hari ini membaik setelah akhir perdagangan lalu mengelami koreksi, khususnya untuk pasar Indonesia. "Untuk IDR kami perkirakan masih dalam penjagaan BI sehingga berpotensi menguat menuju kisaran Rp 9.300 hingga Rp 9.380 per dollar AS," pungkas Lana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com