Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Bisa Menguat Disemangati Rupiah

Kompas.com - 28/05/2012, 09:19 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi mengalami technical rebound, seiring dengan nilai tukar Rupiah yang mulai menguat pada Senin (28/5/2012) pagi ini ke level Rp 9.420 per dollar AS.

Menurut riset Samuel Sekuritas, beberapa sektor yang terkoreksi signifikan di akhir pekan lalu diperkirakan akan menguat seperti semen, banking dan otomotif.

Resistance indeks berada di level 3.950. Bursa AS ditutup melemah tipis Bursa AS menutup pekan lalu dengan terkoreksi tipis meski di awal perdagangan sempat berada di teritori positif, memfaktorkan penguatan bursa Eropa dan rilis data consumer confidence AS di bulan Mei yang naik ke level tertinggi sejak Oktober 2007.

Namun demikian, bursa AS bergerak melemah di akhir sesi memfaktorkan sentimen negatif di mana salah satu bank besar di Spanyol BFA-Bankia menyatakan membutuhkan dana talangan mencapai 19 miliar euro.

Bursa Asia sendiri pagi ini bergerak bervariasi dengan kecenderungan melemah tipis, memfaktorkan koreksi yang terjadi di bursa AS akhir pekan dan rilis data laba perusahaan berbasis industri di China yang turun 2,2 persen di kuartal keempat tahun lalu. Sementara sentimen positif pagi ini berasal dari hasil poling pemilu Yunani dimana partai pro-bailout berhasil unggul tipis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com