Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspor Energi Fosil Dikurangi

Kompas.com - 28/05/2012, 13:12 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

 

 

JAKARTA,KOMPAS.com - Dewan Energi Nasional sepakat mengurangi ekspor energi fosil secara bertahap, dan menetapkan batas waktu untuk memulai menghentikan ekspor.

Hal ini disampaikan anggota Dewan Energi Nasional (DEN) dari unsur pemerintah, Gusti Muhammad Hatta, usai menghadiri sidang anggota ke-8 DEN, Senin (28/5), di Jakarta.

Menurut Gusti Hatta, sidang anggota DEN kali ini menyepakati bahwa kebijakan energi nasional diarahkan untuk mengurangi ekspor energi fosil secara bertahap, dan menetapkan batas waktu untuk memulai menghentikan ekspor.

" Kami juga memastikan terjaminnya daya dukung lingkungan untuk menjamin ketersediaan sumber energi dan panas bumi," kata dia menegaskan.

Selain itu sidang DEN menyepakati, dalam hal terjadi tumpang tindih pemanfaatan lahan untuk menyediakan energi, maka yang didahulukan adalah yang memiliki nilai ketahanan nasional atau nilai strategis lebih tinggi.

Sementara penggantian anggota DEN dari unsur pemangku kepentingan akan diserahkan kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral selaku ketua harian DEN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com