Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yunani Dorong Euro Menguat untuk Pertama Kalinya

Kompas.com - 28/05/2012, 16:49 WIB
Ester Meryana

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Mata uang euro menguat untuk pertama kalinya dalam kurun waktu lima hari menyusul hasil jajak pendapat di Yunani menunjukkan bahwa para pemungut suara kini menyukai partai yang mendukung dana talangan Uni Eropa.

Hasil itu lantas mengikis kekhawatiran bahwa Yunani akan keluar dari zona euro. Euro pun menguat 0,4 persen menjadi 1,2571 dollar AS pada Senin (28/5/2012) pukul 8:38 AM waktu Tokyo, dari penutupan di New York sebesar 1,2496 pada Jumat (25/5/2012) kemarin.

Euro juga menguat 0,4 persen menjadi 100,11 yen. Sementara dollar AS hanya berubah sedikit pada posisi 79,64 yen.

Euro berbalik arah dari posisi terendah sejak Juli 2010 setelah ada data menunjukkan taruhan trader pada penurunan euro mencapai rekor tertinggi.

Sementara dollar AS dan yen melemah kepada hampir semua dari 16 mata uang utama karena adanya penurunan permintaan dua mata uang tersebut sebagai aset lindung nilai dari krisis utang Eropa.

"Fokus utama pasar masih tetap apakah Yunani akan meninggalkan euro," sebut Junichi Ishikawa, analis IG Markets Securities Ltd, di Tokyo, Senin waktu setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com