Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, IHSG Bisa Melemah Terbatas

Kompas.com - 29/05/2012, 07:33 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih akan kental dipengaruhi sentimen dari Uni Eropa. Pelaku pasar diingatkan IHSG tetap bisa melemah meski terbatas pada perdagangan Selasa (29/5/2012) ini.

IHSG Senin kemarin berhasil menguat setelah tertekan hingga 3.850 pada sesi I. Menguatnya indeks didorong oleh sentimen positif dari polling sementara Yunani, di mana partai pro-bailout tampak semakin menguat.

Meski demikian, menurut analis Panin Securities, Purwoko Sartono, pergerakan indeks masih akan dibayangi oleh issue dari Eropa (Spanyol), dan juga perlambatan ekonomi China.

Dari dalam negeri, gejolak nilai tukar rupiah sedikit banyak juga berpengaruh terhadap pergerakan IHSG.
"Hari ini kami perkirakan indeks masih akan bergerak volatile dengan kecenderungan melemah terbatas. Perlu dicatat, di tengah kenaikan indeks, investor asing ditenggarai masih melakukan penjualan bersih," kata Purwoko di Jakarta.

Purwoko merekomendasikan untuk trading jangka pendek pada saham sektor konsumer dan properti. Kisaran support-resistance indeks berada di level 3.860-3.930.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com