Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sentimen Negatif Menyelimuti, IHSG Konsolidasi

Kompas.com - 29/05/2012, 09:39 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com -  Indeks Harga Saham Gabungan pada Selasa (29/5/2012) ini diperkirakan akan bergerak konsolidasi dengan sentimen negatif yang masih menyelimuti. Investor dapat melakukan strategi trading jangka pendek untuk meminimalkan resiko. Demikian hasil analisa tim riset Semesta Indovest.

IHSG kemarin berhasil rebound dan ditutup diatas MA 200, namun masih terlalu dini untuk mengharapkan rebound mengingat belum adanya sentimen positif yang dapat mengangkat indeks. Di samping itu investor asing terus mencatatkan net sell sehingga sepanjang Mei dana asing yang keluar sudah lebih dari Rp 5 triliun, kurs rupiah juga terus melemah.

Bursa Wallstreet tutup memperingati libur nasional Memorial Days. Kabar bursa datang dari Eropa dimana indeks bursa eropa mayoritas masih ditutup melemah terlihat dari indeks Dow Jones euro Stoxx yang turun 0,65 persen. Turunnya indeks didorong oleh merosotnya indeks bursa Spanyol IBEX yang turun 2,17 persen akibat permasalahan pada sektor perbankan mereka, Saham Bankia anjlok 13 persen akibat keringnya likuiditas dan meminta suntikan bantuan sebesar 19 miliar euro. Sementara itu Yunani dikabarkan telah mengucurkan bantuan kepada 4 perbankan besar mereka senilai 18 miliar euro untuk menguatkan modal perbankan tersebut. Indeks FTSE positif 0,09 persen, CAC turun 0,16 persen, dan DAX turun 0,26 persen. Bursa Asia pagi ini terpantau bergerak melemah. Nikkei turun 0,35 persen namun Kospi positif 0,57 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com