Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indosat Tawarkan Dua Obligasi

Kompas.com - 29/05/2012, 18:15 WIB
Anastasia Joice

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- PT Indosat Tbk melakukan pemaparan publik tentang Penawaran Umum Obligasi Indosat VIII Tahun 2012 (Obligasi Indosat VIII) dan Sukuk Ijarah Indosat V Tahun 2012 (Ijarah Indosat V), keduanya dalam mata uang rupiah. Penerbitan instrumen utang ini merupakan bagian dari rencana pendanaan perusahaan dalam rangka pengembangan bisnis perusahaan lebih lanjut.

Obligasi Indosat VIII sebanyak-banyaknya Rp 2 triliun. Terdiri dari dua seri, seri A dengan tenor tujuh tahun dan seri B dengan tenor 10 tahun. Kedua seri berbunga tetap dan dibayarkan setiap tiga bulan.

Sementara obligasi Ijarah Indosat V dikeluarkan sebanyak-banyaknya Rp 500 miliar, bertenor 7 tahun. Obyek ijarah adalah manfaat atas kapasitas Transponder Satelit Palapa D sebesar 351 MHz yang digunakan Perusahaan untuk penyelenggaraan layanan jaringan tetap tertutup.

Komposisi final dari struktur Obligasi di atas akan ditetapkan setelah diselesaikannya proses Bookbuilding.

Pada 16 April 2012 lembaga pemeringkat Pefindo, telah memberi peringkat untuk Indosat berikut obligasi-obligasi yang ditawarkannya, yaitu peringkat AA+ dengan prospek stabil untuk Obligasi Indosat VIII Tahun 2012. Sementara peringkat AA+ dengan prospek stabil untuk Sukuk Ijarah Indosat V Tahun 2012. Sedangkan Fitch, pada 30 April 2012 telah memberi peringkat nasional AAA untuk kedua obligasi tersebut.

Bookbuilding akan berlaku mulai 29 Mei 2012 dan berlanjut sampai 8 Juni 2012. Tanggal efektif diharapkan pada 18 Juni 2012 bersamaan dengan pencatatan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Penerbitan Obligasi Rupiah Indosat ini dibantu oleh sindikasi penjamin emisi yang terdiri dari PT Mandiri Sekuritas, PT DBS Vickers Securities Indonesia, PT HSBC Securities Indonesia, PT Danareksa Sekuritas, dan PT Standard Chartered Securities Indonesia. Bertindak sebagai wali amanat adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com