Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Cenderung Diamkan Dana Keluar

Kompas.com - 30/05/2012, 10:19 WIB
Anastasia Joice

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kurs rupiah pada perdagangan Rabu (30/5/2012) cenderung masih akan tertekan.  Pergerakan rupiah  masih rentan bersamaan dengan indikasi bahwa Bank Indonesia cenderung membiarkan aliran dana keluar di tengah keterbatasan kapasitas intervensi Bank Indonesia di pasar.

Demikian dikatakan Kepala Riset dari BNI unit Treasury Nurul Eti Nurbaeti dalam catatannya. Apalagi, buruknya krisis zona euro bakal mendorong investor menghindari di pasar berkembang hingga mensinyalkan kokohnya posisi the greenback.

Kondisi ini memicu bertambah dalamnya depresiasi mata uang rupiah di tengah rutinitas tingginya permintaan importir lokal atas dollar AS. Walau demikian, komitmen penjagaan stabilitas moneter Indonesia melalui strategi likuiditas membuka peluang bertahannya rupiah. 

Hari Selasa (29/5/2012), rupiah ditutup melemah di level Rp 9.395 dollar AS dibandingkan dengan pembukaan pada posisi  Rp 9.320 per dollar AS setelah bergerak di kisaran Rp 9.320-Rp 9.550 per dollar AS. Rupiah  anjlok di hadapan dollar AS terimbas aksi jual bank asing dan permintaan dollar AS akhir bulan perusahaan lokal meski intervensi BI ke pasar berhasil mengembalikan rupiah menjauhi level tertinggi  terbaru pada tahun 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com