Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rakyat Yunani Pilih Partai Pro Dana Talangan

Kompas.com - 30/05/2012, 12:23 WIB
Anastasia Joice

Penulis

ATHENA, KOMPAS.com- Jajak pendapat terbaru menjelang pemilihan di Yunani 17 Juni lagi-lagi menunjukkan para responden lebih memilih Partai Demokrasi Baru yang pro pengetatan anggaran. Hasil jajak pendapat tersebut dikeluarkan, Selasa (29/5/2012).

Akan tetapi, tempat kedua masih dipegang oleh Partai Syriza yang berhaluan radikal kiri. Empat survei yang dipublikasikan sebelumnya juga menunjukan Demokrasi Baru tetap unggul.

Menurut survei yang dilakukan oleh Mega, 23,4 persen responden menyatakan, mereka akan memilih Demokrasi Baru yang konservatif. Sebanyak 22,1 persen akan memilih Syriza.

Ketika pemilu pertama Mei lalu, Syriza mendapatkan suara 18,8 persen dan Demokrasi Baru 16,8 persen. Ketika itu, partai pemenang pemilu tidak berhasil membentuk pemeritahan karena tidak ada pemenang mayoritas dan tidak tercapai kesepakatan di antara partai pemenang pemilu.

Syriza terus berkampanye menolak program pengetatan anggaran, sementara Demokrasi Baru merupakan partai yang meminta dana talangan kepada kreditor internasional. 

Para ahli berpendapat hasil jajak pendapat ini terlalu dini untuk dijadikan patokan tentang hasil pemilu mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com