Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamat: 15.000 Alat Konversi Berikan pada Bus Rapid Transit

Kompas.com - 30/05/2012, 15:23 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - - Pengamat transportasi dari Universitas Soegijapranata, Semarang, Djoko Setijowarno, berpendapat agar Pemerintah memberikan 15.000 alat konversi kepada kendaraan umum seperti Bus Rapid Transit, yang telah beroperasi di 10 kota di seluruh Indonesia. "Lebih efektif diberikan kepada kendaraan umum seperti BRT yang sudah operasional di 10 kota," kata Djoko kepada Kompas.com, Selasa (30/5/2012).

Ia menilai pemberian 15.000 alat konversi sebaiknya diutamakan kepada BRT. Bila ingin diberikan kepada angkutan umum milik pribadi, Pemerintah harus lebih selektif. "Agak selektif pada pemilihan kendaraan umum yang dimiliki perorangan," sambung dia.

Penyeleksian kendaraan umum yang diberikan alat konversi secara gratis harus melihat kondisi kendaraan. Pasalnya, menurut dia, banyak armada angkutan umum yang sudah tak laik tapi masih diizinkan beroperasi. "Apalagi kondisi tak layak sebaiknya dipertimbangkan untuk diberikan," tambah Djoko.

Lalu, ia pun mengingatkan agar Pemerintah memberikan pelatihan kepada para supir angkutan umum sebelum mereka menggunakan bahan bakar gas (BBG). "Jangan lupa penyediaan SPBG juga perlu dipercepat dan diperbanyak sehingga mudah mendapatkan gas yang murah," kata Djoko.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Jakarta, Selasa (29/5/2012) malam, menyampaikan lima kebijakan terkait gerakan nasional penghematan energi serta peningkatan pendapatan negara dan optimasi anggaran. Salah satu kebijakannya adalah konversi BBM ke BBG untuk transportasi. Program konversi atau pengalihan penggunaan BBM ke BBG ini harus menjadi program utama nasional. Hal ini sebagai upaya Indonesia mengurangi ketergantungan pada BBM, dan kemudian beralih ke gas, terutama di sektor transportasi.

"Pada tahun ini akan dibangun stasiun pengisian gas baru sebanyak 33 stasiun, dan sebanyak 8 stasiun akan direvitalisasi kembali. Untuk langkah awal, mulai tahun ini, pemerintah akan membagikan 15.000 converter kit, atau alat konversi penggunaan BBM menjadi BBG bagi angkutan umum secara bertahap, dan terus ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang," kata Presiden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com