Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asia Dibuka Melemah, IHSG Rawan Terseret

Kompas.com - 01/06/2012, 09:48 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JJAKARTA, KOMPAS.com - Bursa Asia pada Jumat (1/6/2012) pagi ini kembali dibuka melemah sekitar 1 persen. Hal ini memfaktorkan sentimen negatif dari rilis data ekonomi AS yang melemah dan rilis data manufaktur China pagi ini yang turun ke level 50.2, sedikit di atas level perlambatan.

Riset Samuel Sekuritas memperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan akan kembali dibuka melemah seiring koreksi di bursa regional meski pada intraday perdagangan kemarin memperlihatkan potensi technical rebound. Hari ini pasar juga akan mengantisipasi rilis data inflasi bulan Mei yang diperkirakan naik menjadi 4,6 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Support IHSG berada di level 3.780. Dari ekonomi global, PDB Amerika Serikat (AS) di kuartal pertama tahun ini hanya tumbuh 1,9 persen. Bursa AS gagal ditutup menguat semalam seiring sentimen negatif dari beberapa rilis data ekonomi AS yang relatif melemah. Bursa AS sempat menguat di intraday semalam seiring beberapa poling di Yunani menempatkan partai anti-bailout, partai Syriza, di posisi kedua setelah partai pro-bailout.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com