Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menperin: Rupiah Idealnya Rp 9.300-9.400 Per Dollar AS

Kompas.com - 04/06/2012, 13:54 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian MS Hidayat berharap nilai tukar rupiah terhadap dollar AS bisa bertahan di angka Rp 9.300-9.400. Itu adalah nilai tukar ideal baik bagi impor dan ekspor.

"Yang diharapkan sebenarnya fluktuasi ini segera mencapai titik keseimbangannya," sebut Hidayat, seusai menghadiri rapat kerja di Komisi VI DPR RI, Jakarta, Senin (4/6/2012).

Ia berharap fluktuasi nilai tukar rupiah segera menemukan keseimbangan baru. Ia pun tidak masalah bila nilai tukar berada di angka Rp 9.350-Rp 9.400 per dollar AS. "Saya pribadi sebagai pengusaha berpendapat yang ideal Rp 9.300 - Rp 9.400. Itu bagus buat ekspor dan cukup bisa menahan impor juga," sambung dia.

Menurut dia, melemahnya rupiah bisa berdampak buruk bagi sejumlah industri yang bahan bakunya masih didominasi oleh produk impor. Salah satunya adalah industri tekstil. "Tekstil kita kan kapasnya masih impor 100 persen. Industri elektronik komponennya 40-50 persen masih impor," pungkas dia.

Belakangan ini rupiah melemah terhadap dollar AS. Ini karena sentimen global yang masih tidak stabil. Rupiah bahkan sempat menembus Rp.9.614 per dollar AS pada minggu lalu, Rabu (30/5/2012). Tetapi rupiah berhasil diintervensi BI hingga kembali ke Rp 9.453 per dollar AS (kurs tengah Bloomberg).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com