Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PARIWISATA

Pertumbuhan Turis RI Lampaui Rata-rata Dunia

Kompas.com - 04/06/2012, 16:52 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Kelesuan ekonomi global tidak berdampak signifikan bagi industri pariwisata. Sepanjang Januari-April, kunjungan wisatawan mancanegara masih tumbuh 8,9 persen. Angka tersebut melampaui pertumbuhan rata-rata turis dunia sekitar 5 persen.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu di Jakarta, Senin (4/6/2012).

"Di tengah ketidakpastian perekonomian dunia, perkembangan wisman yang datang ke Indonesia masih menggembirakan. Apalagi kenaikan ini masih di atas pertumbuhan turis dunia," paparnya.  Menurut Mari, pertumbuhan wisman sampai akhir tahun diproyeksikan masih positif.

Pariwisata diharapkan menjadi penopang penting bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. "Tentunya yang menjadi tujuan utama bukan saja jumlah wisman tetapi juga peningkatan kualitas, yaitu yang durasi tinggalnya lebih lama, pengeluarannya lebih tinggi dan mewujudkan pariwisata yang berkelanjutan," katanya.

Dia mengatakan, dari hasil pertemuan menteri pariwisata negara G-20 maupun pertemuan Forum Ekonomi Dunia Kawasan Asia Timur di Bangkok pekan lalu, pariwisata dianggap penting sebagai jawaban yang dapat menyumbang kepada pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan pekerjaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com