Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan: Kita Ingin Pasar Modal RI Maju

Kompas.com - 04/06/2012, 17:16 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menegaskan bahwa penawaran perdana saham (initial public offering/IPO) oleh BUMN bukan hanya untuk mencari modal.

"IPO kesannya untuk mencari modal. Itu memang salah satu. Tapi ada tujuan lain," sebut Dahlan, dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR, di Jakarta, Senin (4/6/2012).

Ia menjelaskan, salah satu tujuan BUMN untuk melantai di Bursa Efek Indonesia memang untuk mencari modal. Tetapi dengan IPO, perusahaan pun bisa mendapatkan pengawasan dari pasar modal, masyarakat hingga media. "IPO adalah salah satu cara untuk mempercepat kemajuan," tegas Dahlan.

Lalu, ia menyebutkan, dengan IPO maka BUMN bisa menjadi bagian dari upaya pasar modal Indonesia untuk menyaingi pasar modal Singapura. BUMN akan sangat bangga bila hal itu terwujud. "Kita pingin juga pasar modal kita maju. Tahun depan kapitalisasi bakal melebihi Singapura. Kalau itu terjadi itu akan menjadi sejarah dan membanggakan. BUMN akan senang menjadi bagian dari itu," pungkas Dahlan.

Tahun ini, sejumlah BUMN direncanakan untuk IPO. Salah satunya adalah PT Semen Baturaja (Persero). Perseroan tersebut merupakan BUMN yang bergerak di produksi semen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com