Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR Permasalahkan Paket Calon Anggota DK OJK

Kompas.com - 06/06/2012, 14:44 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi XI DPR RI mempermasalahkan bentuk paket dari 14 calon anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) yang telah terkelompokkan ke dalam tujuh jabatan.

Anggota Komisi XI DPR RI, Nusron Wahid, mempermasalahkan perihal preferensi 14 orang calon anggota ke dalam tujuh posisi. Misalnya, dalam jabatan Ketua Eksekutif Bidang Perbankan, DPR telah menerima catatan bahwa Riswinandhi (Wakil Direktur Utama Bank Mandiri) dan Nelson Tampubolon (Mantan Direktur Direktorat Internasional BI) sebagai calonnya. "Pada UU No 21 Tahun 2011 Pasal 11 ayat 9 nggak ada preferensi seperti itu," sebut Nusron, dalam rapat kerja di Komisi XI DPR, Rabu (6/6/2012).

Lantas, ia pun menanyakan apakah calon anggota bersedia ditempatkan di manapun yang tidak sesuai dengan preferensinya dalam seleksi yang dilakukan DPR. Terhadap hal ini, Menteri Keuangan sekaligus Ketua Panitia Seleksi Anggota DK OJK, Agus Martowardojo, mengatakan bahwa benar calon anggota DK PJK mengisi formulir mengenai minatnya di posisi mana. Tetapi, kata Agus, peminatan tersebut bisa berubah sesuai dengan keputusan DPR dalam uji kepatutan dan kelayakan.

"Jadi dia dalam formulir dia bisa memilih yang dia minta, dan alternatif kedua itu apa, tapi kalau Bapak Ibu berkehendak lain mereka nggak bisa menolak," sebut Agus.

Untuk diketahui saja, dalam UU No 21 Pasal 11 ayat 9 memang disebutkan bahwa Panitia Seleksi melakukan penilaian dan pemilihan serta menyampaikan calon anggota Dewan Komisioner kepada Presiden sebanyak 3 (tiga) orang calon untuk setiap anggota Dewan Komisioner yang dibutuhkan, paling lama 12 (dua belas) hari kerja terhitung sejak berakhirnya jangka waktu sebagaimana dimaksud pada ayat (8).

Sementara itu, sebanyak 14 nama calon anggota DK OJK telah dipaketkan seperti berikut: Ketua Muliaman Darmansyah Hadad (Deputi Gubernur BI) Achjar Iljas (Mantan Deputi Gubernur BI) Wakil Ketua Mulia Panusunan Nasuition (Mantan Sekjen Kementerian Keuangan) Agus Mertayasa (Mantan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri) Ketua Eksekutif Bidang Perbankan Riswinandhi (Wakil Direktur Utama Bank Mandiri) Nelson Tampubolon (Mantan Direktur Direktorat Internasional BI).

Kemudian Ketua Eksekutif Bidang Non-Perbankan Isa Rachmatarwata (Kepala Biro Perasuransian Bapepam-LK) Firdaus Djaelani (Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan) Ketua Eksekutif Bidang Pasar Modal Nurhaida (Ketua Bapepm-LK) Rahmat Waluyanto (Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan) Ketua Eksekutif Bidang Audit Ilya Avianti (Auditor Utama BPK, Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran) Rijani Tirtosso (Wakil Direktur Utama, koordinator internal audit Bank Mandiri) Ketua Eksekutif Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Yunus Hussein (Mantan Ketua PPATK, status pegawai BI) Kusumaningtuti Sandriharmy (Mantan Kepala Kantor Perwakilan BI di New York)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com