Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersokong Data AS, Bursa Eropa Lanjut Reli

Kompas.com - 06/06/2012, 16:06 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Pasar saham Eropa menguat, jelang keputusan suku bunga bank sentral Eropa (ECB). Investor terlihat optimis, setelah kemarin AS merilis data industri yang menggembirakan.

Eropa Stoxx 600 Index lanjut reli 0,8 persen ke posisi 236,51 pada pukul 08.10 waktu London. Adapun, beberapa bursa utama, seperti DAX (Jerman) juga naik 0,80 persen. Kemudian, FTSE 100 menguat 0,82 persen, dan indeks Stoxx 50 maju 0,77 persen.

Laju bursa Eropa ini mengekor penguatan yang juga berlangsung di bursa futures AS dan bursa Asia. Sejak kemarin, pasar saham Eropa bersemangat, setelah indeks industri sektor jasa AS secara tak terduga naik per Mei lalu. Padahal, para ekonom memprediksi akan terjadi penurunan.

Pasar juga sumringah, setelah pejabat negara G7 sepakat berkoordinasi untuk membantu penyelesaian krisis di zona euro, terutama di Yunani dan Spanyol.

Witold Bahrke, analis senior dari PFA Pension A/S menyebut, ekspektasi ECB akan mengubah kebijakan masih terlalu dini. Namun, ada kabar yang mengindikasikan pembuatan kebijakan bakal mengambil sikap terhadap Spanyol.

"Penurunan saham dalam beberapa pekan terakhir begitu kuat, sehingga seharusnya ada semacam rebound, bahkan sekalipun tanpa berita fundamental yang baik dari luar sana," lanjut Bahrke, hari ini. (Dupla Kartini/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com