Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Ambil Untung, IHSG Berakhir Mendatar

Kompas.com - 07/06/2012, 16:36 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan gagal ditutup lebih tinggi. Akibat aksi ambil untung, indeks akhirnya ditutup melemah tipis 0,7351 poin atau 0,02 persen ke level 3.840,596. Indeks sempat percaya diri di awal perdagangan.

Positifnya bursa global semalam dan Asia langsung disambar sebagai kesempatan beli oleh pelaku pasar dan investor. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pun kembali meraih posisi di level 3.900 memasuki lima menit perdagangan. Namun setelah itu, tekanan datang setelah aksi ambil untung dipilih investor. Bursa AS dan Eropa ditutup menguat signifikan lebih dari 2 persen semalam, memfaktorkan komitmen Bank Sentral Eropa dan Bank Sentral AS, yang siap kembali melakukan stimulus ekonomi jika perlambatan ekonomi di AS dan krisis utang di Uni Eropa semakin parah.

Semalam ECB mempertahankan suku bunga di level 1 persen, dan The Fed menyatakan ekonomi AS masih tumbuh moderat, meski potensi perlambatan masih ada jika krisis utang Eropa semakin hebat.

Perjalanan indeks kembali seiring bursa Asia yang juga diliputi aksi ambil untung. Indeks Nikkei 225 masih naik 1,24 persen bersama Indeks Hang Seng yang menguat 0,85 persen. Sementara itu, Indeks Komposit Shanghai melemah 0,71 persen dan Indeks Straits Times turun tipis 0,08 persen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com