Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulog Serap Beras 2,1 Juta Ton

Kompas.com - 08/06/2012, 14:48 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS,com - Penyerapan beras oleh Bulog hingga bulan Juni ini mencapai 2,1 juta ton. Dengan stok tersebut, Bulog belum berencana untuk mengimpor beras. Stok tersebut cukup untuk delapan bulan ke depan.

Dari total penyerapan tersebut, sebanyak 50 persen diantaranya berasal dari Pulau Jawa. Daerah di pulau Jawa yang memiliki kontribusi besar adalah Jawa Timur (600.000 ton), Jawa Tengah (400.000 ton ), serta Banten dan Jawa Barat (300.000 ton). "Karena stoknya sudah di atas 2 juta , maka kami belum berencana mengimpor beras. Stok tersebut cukup untuk delapan bulan ke depan," kata Direktur Utama Bulog Sutarto Alimoeso, Jumat (8/6).

Menurutnya penyerapan beras tahun ini lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Namun jika dibandingkan dengan penyerapan tahun 2009 masih kalah jauh. Saat itu realisasi penyerapan mencapai 3,2 juta ton.

Dia mengatakan konsumsi beras nasional per bulan mencapai 270.000 ton. Dengan stok 2,1 juta maka pemerintah tidak perlu khawatir dengan konsumsi untuk delapan bulan ke depan. (ENY)    

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com