Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Harusnya Punya 9 Juta Wirausahawan

Kompas.com - 08/06/2012, 15:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berniat untuk mencetak 5 juta wirausahawan baru dari jumlah yang terdata saat ini sebanyak 1,6 juta. Target ini disampaikan oleh Syarief Hasan, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Jakarta, Jumat (8/6/2012).

Menurut Syarief, jumlah ideal wirausahawan di Indonesia adalah 9 juta orang dari 240 juta penduduk. "Secara teori, suatu ekonomi negara yang maju minimal punya wirausahawan 2 persen dari rasio dari jumlah penduduk," kata Syarief.

Saat ini, Indonesia, baru memiliki wirausahawan kurang dari 1 persen. Padahal, negara-negara seperti Amerika Serikat (AS) memiliki 12 persen, Jepang punya 10 persen, dan Singapura sebanyak 7 persen.

"Jumlah 1,6 juta wirausaha itu pun sudah ada kenaikan dari tahun sebelumnya. Tahun ini ada kenaikan dari 0,24 persen menjadi 1,56 persen per April kemarin. Jadi, saya optimistis nanti bisa tembus angka 2 persen ," klaim Syarief.

Untuk meningkatkan jumlah para wirausahawan itu, Syarief berniat untuk memberikan bantuan permodalan. "Hal yang pertama kami lakukan adalah permodalan kami persiapkan. Jika modalnya diperbesar,” katanya.

Tahun ini, kata Syarif, pemerintah mempersiapkan kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp 25 triliun. "Realisasi KUR tahun ini sampai 16 Mei sudah mencapai Rp 8 triliun, sementara, targetnya Rp 25 triliun,” jelas Syarief. (Merlinda Riska/Kontan)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com