Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minim Sentimen Positif, IHSG Ditutup Turun 15 Poin

Kompas.com - 08/06/2012, 16:53 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS,com - Indeks Harga Saham Gabungan kembali gagal ditutup lebih tinggi. Investor memilih merealisasikan keuntungan yang diperoleh sebelumnya di tengah minimnya sentimen positif dari perekonomian global.

Indeks pun melemah 15,268 poin atau 0,40 persen ke level 3825,329 di akhir perdagangan, Jumat (9/6/2012). Indeks LQ45 turun lebih tipis 1,329 poin (0,21 persen) ke level 651,787. Ini mengindikasikan saham-saham di level kedua yang tertekan lebih kuat pada perdagangan hari ini.

Dari sisi sektoral, saham konsumer paling tertekan. Yang menarik, investor asing kembali masuk ke pasar modal nasional. Setelah kemarin mencatat pembelian bersih senilai Rp 10 miliar, Jumat ini catatan pembelian bersih mereka lebih besar. Investor asing melakukan pembelian bersih di pasar reguler senilai Rp 138 miliar. Perdagangan berlangsung relatif sepi hanya total Rp 2,2 triliun.

Sentimen negatif menyelimuti pasar global semalam. Gubernur The Federal Reserve di Amerika Serikat, Ben Bernanke memberikan harapan kecil bagi yang berharap adanya intervensi dari bank sentral, sembari mengulangi janji untuk mengambil langkah tersebut jika dibutuhkan. Penurunan suku bunga di China sebagai respon stimulus moneter bagi perekonomian China yang mulai melambat juga membuat enggan investor mengakumulasi saham.

Dalam suasana seperti itu, bursa-bursa regional juga melemah. Indeks Nikkei 225 anjlok 2,09 persen, Indeks Komposit Shanghai turun 0,51 persen, Indeks Hang Seng melemah 0,94 persen, dan Indeks Straits Times melempem 0,62 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com