Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saatnya Industri MICE Segera Lepas Landas

Kompas.com - 08/06/2012, 17:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Reed Exhibitions dan Panorama Grup mengumumkan pendirian perusahaan patungan berazas kemitraan yang diberi nama PT Reed Panorama Exhibitions (RPE), yang berdomisili di Jakarta, pada Rabu (6/6/2012).

Dalam acara tersebut juga hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu. Dalam sambutannya, Mari menyambut baik kerjasama yang dilakukan oleh Reed Exhibitions dan Panorama Grup, karena bisa mengembangkan program-program bisnis kreatif seperti pameran dagang yang sesuai dengan kebutuhan perekonomian Indonesia yang terus tumbuh.

RPE bercita-cita untuk menciptakan dunia usaha professional yang mempunyai platform berkelas dunia guna menciptakan jejaring serta mewujudkan peluang pertumbuhan dan perkembangan bisnis di Indonesia.

Paul Beh, Direktur Utama Reed Exibitions Asia-Pacific mengamati, pertumbuhan ekonomi Indonesia begitu pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. Untuk ukuran demografi yang relatif muda, Indonesia mempunyai daya tarik yang besar bagi para investor asing untuk berinvestasi.

Di luar perekonomian negara-negara BRIC (Brasil, Rusia, India dan China), Indonesia menempati urutan cukup tinggi dalam agenda bisnis dari berbagai industri di seluruh dunia.

"Para pelanggan kami menyampaikan permintaan dan menginginkan untuk membawa mereka ke Indonesia dan membantu mereka menemukan peluang-peluang bisnis yang baru. Dengan kondisi yang stabil dan merupakan jantung perekonomian dari komunitas ekonomi Asean serta pertumbuhan ekonomi yang luar biasa, ini adalah waktu yang tepat untuk kami berada di Indonesia," kata Paul.

Paul berharap dengan berkolaborasi erat dengan penyelenggara pameran setempat, diyakini dapat menciptakan lingkungan kondusif bagi bisnis ini untuk berkembang. Pihaknya merasa senang menjalin kemitraan dengan Panorama Grup.

Diharapkan lewat sinergi serta kompetensi dari berbagai pihak akan memungkinkan RPE mampu mewujudkan industri MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) lepas landas di Indonesia.

"Indonesia merupakan negara tujuan bisnis yang sangat menjanjikan bagi berbagai sektor industri. Industri pameran di Indonesia masih berada pada tahapan awal. Tidak akan mengejutkan siapa pun bahwa ada harapan besar dari industri MICE untuk segera lepas landas bersamaan dengan dibangunnya berbagai venues dan infrastruktur lainnya seperti jalan raya, hotel, dan bandara di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Jakarta tentunya," kata Budijanto Tirtawisata, Dirut Panorama Grup, Jumat (8/6/2012).

Pameran Dagang memiliki efek ganda yang signifikan karena memiliki titik sentuh dengan banyak segmen industri lain termasuk akomodasi, hiburan, transportasi, dan perjalanan.

Perputaran roda ekonomi yang dihasilkan oleh pameran dagang cukup besar, hal tersebut akan membantu serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan mempertahankan bisnis lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com