Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Herawati Boediono Buka Gelar Produk Kerajinan

Kompas.com - 12/06/2012, 13:30 WIB
Mundri Winanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran Gelar Produk Kerajinan yang ketiga resmi dibuka oleh istri Wakil Presiden RI, Herawati Boediono. Pameran ini hasil kerja sama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dengan Kementerian Perindustrian. Kegiatan ini diselenggarakan pada 12 Juni 2012 sampai 15 Juni 2012.

"Indonesia memiliki sejumlah potensi produk karena didukung keberagaman suku bangsa yang dimiliki Tanah Air," ungkap Ketua Umum Dekranas Herawati Boediono saat pembukaan pameran di Plaza Pameran Industri, Gedung Kementerian Industri, Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (12/6/2012).

Lebih dari 50 stand memamerkan produk-produk kerajinan Indonesia, mulai dari kain tenun, batik, gerabah, aksesoris wanita, pakaian jadi, dan lain-lain. Kegiatan ini sangat mendukung upaya pemerintah dalam menggalakkan industri kreatif yang pertumbuhannya meningkat rata-rata 7 persen per tahun. Subsektor fesyen dan kerajinan merupakan subsektor yang dominan memberikan kontribusi ekonomi, baik dalam nilai tambah, tenaga kerja, jumlah perusahaan, dan ekspor.

"Sektor industri kreatif ini diharapkan dapat menumbuhkan wirausaha baru dari kalangan generasi muda yang mampu melahirkan inovasi-inovasi baru dalam pengembangan produknya," ujar Menteri Industri MS. Hidayat saat pembukaan pameran.

Nilai tambah yang dihasilkan subsektor fesyen dan kerajinan berturut-turut sebesar 44,3 persen dan 24,8 persen dari total kontribusi sektor industri kreatif, dengan penyerapan tenaga kerja sebesar 54,3 persen dan jumlah usaha 51,7 persen. Nilai ekspor dari kedua subsektor ini mencapai rata-rata 13 miliar dollar AS per tahun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com