Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harus Ada Hukuman Bagi Daerah yang Iklim Investasinya Buruk

Kompas.com - 14/06/2012, 15:11 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) yang baru, Muhammad Chatib Basri, menilai, perlu diberikan penghargaan bagi daerah yang iklim investasinya baik, dan hukuman bagi daerah yang iklim investasinya buruk.

"Justru ujungnya itu di daerah," sebut Chatib, ketika ditanyai peran serta daerah dalam mengembangkan investasi nasional, di Kantor BKPM, Jakarta, Kamis (14/6/2012).

Menurut dia, untuk mendorong peran serta daerah meningkatkan investasi nasional perlu koordinasi antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah. Koordinasi keduanya pun dinilai Chatib terbilang lumayan sekarang ini.

Tapi, untuk meningkatkan koordinasi antara Pemerintah Pusat dengan Daerah, BKPM tidak bisa sendiri. Ada lembaga Pemerintah lain, seperti Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri yang harus terlibat.

Selain itu, ia pun menyarankan harus ada mekanisme penghargaan dan hukuman untuk daerah. Saat ini, kata Chatib, mekanisme tersebut tidak ada. "Kalau sebuah daerah nggak baik iklim investasinya harus ada punishment, kalau baik harus ada reward," sambung dia.

"Tapi instrumen ini nggak di saya ini kita yang harus bicara dengan Kementerian Keuangan," pungkas Chatib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com