Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isa Rachmatarwata, Sarjana Matematika yang Sasar OJK

Kompas.com - 18/06/2012, 13:37 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Biro Peransuransian Bapepam-LK, Isa Rachmatarwata, kini membidik salah satu jabatan di Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan. Ia dicalonkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk posisi Kepala Eksekutif Pengawas Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Dana Keuangan Lainnya dalam lembaga baru tersebut.

Isa mendapatkan gelar Sarjana Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dari Institut Teknologi Bandung. Setelah itu, ia mendapatkan gelar Master of Mathematics dari University of Waterloo, Kanada. Ia pun sempat menekuni pendidikan keahlian di Fellow of The Society of Actuaries of Indonesia dan Associate of The Society of

Actuaries. Pengalaman pekerjaan yang telah dilakoni Isa pun beragam. Di Kementerian Keuangan, selama tahun 1991-1994, ia menjabat sebagai Pelaksana dalam Direktorat Dana Pensiun, Ditjen Lembaga Keuangan. Lalu, jabatan Isa berkembang menjadi Kepala Seksi Pemeriksaan Dana Pensiun Lembaga Keuangan dan Kepala Subdirektorat Pemeriksaan dan Pelayanan pada Ditjen yang sama.

Pada Februari 2004, ayah dari dua orang anak ini menduduki posisi Ketua Unit Pelaksana Penjaminan Pemerintah. Hanya sebentar ia menjalani jabatan ini. Pasalnya, ia tidak lagi menjabat sejak Desember 2005.

Sejak Mei 2006 hingga sekarang, ia pun menjabat sebagai Kepala Biro Peransuransian Bapepam-LK Kementerian Keuangan. Selain jabatan birokrat tersebut, Isa juga memiliki posisi sebagai Ketua Pengawas Badan Mediasi Asuransi Indonesia (ex-officio) yang berlangsung sejak tahun 2006 hingga sekarang ini. Ia pun masih aktif menjabat sebagai anggota Board of Management ASEAN Insurance Research and Training Institute (ex officio).

Karena dedikasinya kepada negara, Isa yang juga aktif menjadi pemakalah dan pembicara pada acara seminar baik di dalam dan luar negeri menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya 10 tahun. Penghargaan itu diterimanya pada tahun 2005. Isa merupakan salah satu dari 14 calon yang memperebutkan tujuh jabatan di Dewan Komisioner OJK. Pemilihan dan pengumumannya akan dilaksanakan pada Selasa (19/6/2012) malam oleh Komisi XI DPR RI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com