Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tender Impor "Converter Kit" Dimulai

Kompas.com - 18/06/2012, 18:40 WIB
Hindra Liu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Presiden Boediono menginstruksikan kepada pejabat terkait untuk memastikan agar program pengalihan bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) dapat berjalan lancar.

Pemerintah Indonesia telah mulai membuka tender impor converter kit sebanyak 15.000 unit. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral siap mengawal program pengalihan tersebut.

"Kita sudah memulai proses tendernya," kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Evita Legowo kepada para wartawan di Kantor Wapres, Jakarta, Senin (18/6/2012).

Menurut Evita, converter kit tersebut akan dibagi-bagikan secara gratis kepada pengendara angkutan umum agar beralih dari BBM ke gas. Hal ini akan dilaksanakan dalam kurun waktu dua bulan mendatang.

Pemerintah juga akan menghimbau setiap bengkel menyediakan converter kit. Dengan demikian, masyarakat dapat menemukan converter kit secara mudah.

"Kami juga akan menambah jumlah SPBG di Indonesia," kata Evita.

Pada kesempatan tersebut, Evita juga melaporkan hasil evaluasi kebijakan penghematan energi nasional seperti yang dicanangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com