Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Firdaus, Alumnus Bell State University yang Sukses Tembus OJK

Kompas.com - 20/06/2012, 16:12 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Tujuh orang sudah dipilih oleh Komisi XI DPR untuk menduduki tujuh jabatan yang tersedia dalam Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan pada Selasa (19/6/2012) malam.

Firdaus Djaelani merupakan salah satunya. Ia saat ini menjabat anggota Dewan Komisioner merangkap Ketua Komite Informasi dan Manajemen Risiko Lembaga Penjamin Simpanan. Ia juga menjabat sebagai Komisaris Independen PT Asuransi Maipark.

Ayah dari tiga anak ini meraih gelar sarjana di bidang Manajemen dari Universitas Indonesia (UI). Setelah itu, ia melanjutkan studi di Bell State University, Indiana, AS. Pendidikan doktornya ditempuh di Universitas Gadjah Mada.

Di awal kariernya, Firdaus menjadi dosen di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, Pascasarjana Gunadarma, dan Fakultas Ekonomi UI. Kariernya pun berlanjut ke Departemen Keuangan, yang sekarang disebut Kementerian Keuangan. Di lembaga itu, ia menduduki posisi Pelaksana Direktorat Lembaga Keuangan. Masih di Departemen Keuangan, jabatan Firdaus berlanjut sebagai Kasi Investasi Asuransi Jiwa, Kasubdit Pemeriksaan Asuransi, hingga akhirnya menjadi Kasubdit Analisis Laporan Keuangan.

Tahun 1999-2000, Firdaus pun menjadi Direktur Operasi PT ASEI (Persero). Pria kelahiran Jakarta ini pun sempat menjadi Komisaris PT Reindo, dan kini menjadi Komisaris Independen PT Asuransi Maipark.

Tahun 2000, Firdaus masuk ke DJLK Departemen Keuangan. Di situ, dia menjabat sebagai Direktur Direktorat Asuransi. Lima tahun kemudian, ia pun masuk ke Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Dalam institusi tersebut, ia mengawali karier sebagai Direktur Penjaminan dan Manajemen Risiko. Jabatannya berlanjut menjadi anggota Dewan Komisioner merangkap Kepala Eksekutif dan sekarang sebagai anggota Dewan Komisioner merangkap Ketua Komite Informasi dan Manajemen Risiko.

Firdaus pun aktif dalam sejumlah organisasi. Jabatan yang masih diembannya hingga sekarang antara lain Penasihat Masyarakat Ekonomi Syariah, Ketua Pengajian Eksekutif Industri Asuransi, dan Ketua Indonesia Senior Executive Association.

Pada Selasa malam, Firdaus terpilih secara voting dengan 53 suara anggota Komisi XI DPR. Ia terpilih bersama Muliaman D Hadad, Nelson Tampubolon, Nurhaida, Rahmat Waluyanto, Ilya Avianti, dan Kusumaningtuti S Soetiono, untuk menduduki tujuh jabatan dalam Dewan Komisioner OJK (DK OJK).

Namun, hanya Muliaman yang sudah jelas jabatannya, yakni sebagai Ketua DK OJK. Sementara itu, enam orang lainnya, termasuk Firdaus, akan diputuskan secara bersama oleh DK OJK itu sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com