Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saham Sektor Komoditas Rawan Turun

Kompas.com - 21/06/2012, 09:29 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa Asia pada Kamis (21/6/2012) pagi ini dibuka bervariasi dengan kecenderungan melemah. Ini menambah tekanan bagi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan. Saham-saham sektor komoditas paling rawan terkena aksi ambil untung. Hanya bursa Jepang yang dibuka menguat pagi ini memfaktorkan sentimen positif dari langkah The Fed semalam.

Harga minyak melanjutkan koreksinya ke level 80,6 dollar AS per barrel. IHSG sendiri hari ini, menurut tim riset Samuel Sekuritas Indonesia, diperkirakan akan terkoreksi seiring koreksi di bursa regional. Sektor berbasis komoditas diperkirakan akan rawan terkena aksi ambil untung hari ini ditambah dengan sentimen negatif pelemahan harga komoditas dunia.

Support indeks berada di level 3.900. Bursa AS cenderung bergerak melemah semalam setelah The Fed akhirnya mengumumkan hanya memperpanjang periode operation twist hingga akhir tahun 2012 dan menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi AS dan menaikkan proyeksi unemployment rate hingga 2014.

Sementara untuk tingkat pengangguran, The Fed menaikkan proyeksinya menjadi 8,0-8,2 persen dari sebelumnya 7,8-8,0 persen. Harga komoditas melemah signifikan semalam setelah penurunan proyeksi pertumbuhan ekonomi AS dengan minyak turun 3,4 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com