Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu: Negara Perlu Terus Lakukan Reformasi Demi Ekonomi Tumbuh

Kompas.com - 27/06/2012, 18:17 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Agus Martowardojo, menyampaikan bahwa negara berkembang, termasuk Indonesia, perlu terus melakukan reformasi struktural demi menjaga pertumbuhan ekonomi di tengah krisis utang Eropa.

"Yang kita musti antisipasi adalah meyakinkan terjadinya pertumbuhan ekonomi berkesinambungan, dan yang kita tentu harus perhatikan bahwa kondisi di AS dan Eropa belum terlalu menunjukkan perbaikan," sebut Agus, di sela-sela Pekan Kegiatan Financial Inclusion, di Gedung JCC, Jakarta, Rabu (27/6/2012).

Reformasi struktural penting karena, menurut Agus, krisis di AS dan Eropa telah menunjukkan dampaknya terhadap negara berkembang. Dampak tersebut telah menjalar melalui sektor perdagangan.

"Oleh karena itu negara berkembang perlu terus melakukan reformasi struktural supaya bisa perkembangan atau pertumbuhan ekonomi terjaga," sambung Agus.

Ia pun berharap pertemuan antarpemimpin Uni Eropa pada minggu ini bisa menghasilkan kondisi yang lebih baik di zona euro.

"Pada saat pertemuan G20 perkembangannya cukup baik tetapi nanti hasil pertemuan pimpinan di euro zone kita musti dengar dulu hasilnya. Semoga lebih baik dari kondisi sebelumnya," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com