Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AP II Kucurkan Dana Program Kemitraan Rp 657,5 Juta

Kompas.com - 29/06/2012, 16:08 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) melalui Kantor Cabang Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Riau, mengucurkan dana Program Kemitraan sebesar Rp 657,5 juta kepada 38 mitra binaan. Dana tersebut sebagai bantuan modal pengembangan usaha para mitra.

"Ini program penyaluran tahap I untuk tahun 2012, dari jumlah total anggaran yang kami persiapkan sebesar Rp 1,9 miliar. Targetnya pengusaha-pengusaha kecil dan menengah yang menjadi binaan kami," sebut General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Sultan Syarif Kasim II, Anggono Raras, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (29/6/2012).

Dia menyebutkan, bantuan modal tersebut merupakan pinjaman lunak tanpa agunan. Besaran bunga pinjamannya jauh lebih kecil dari bunga pinjaman umum yang diberikan oleh perbankan. Bunga yang diberikan hanya 6 persen. Jumlah besaran pinjaman yang disalurkan, lanjut Anggono, berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 40 juta per pengusaha. Itu tergantung pada jenis usaha yang dijalankan serta kesanggupan pengusaha dalam melakukan pengembalian, yang diperkuat oleh hasil survei kelayakan usaha.

Besaran dana pinjaman bisa ditingkatkan jika proses pelunasan dilakukan secara rutin dan tepat waktu oleh pengusaha. "Jadi, dalam penyerahan bantuan yang kita lakukan hari ini, ada beberapa di antaranya bukan peminjam untuk kali pertama. Ada yang kali kedua, ketiga, bahkan keempat," sambung dia.

Secara korporasi, pada tahun 2012 ini, Angkasa Pura II menganggarkan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dengan total mencapai sekitar Rp 116 miliar untuk penyaluran di seluruh wilayah kerja perusahaan. Rinciannya, Program Kemitraan sebesar Rp 45 miliar dan Program Bina Lingkungan sebesar Rp 71 miliar. Pada triwulan I 2012, total anggaran Program Kemitraan yang telah dialokasikan sebesar Rp 7 miliar dan Bina Lingkungan sebesar Rp 6 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com