Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Buruh Berakhir, Harga Minyak Jatuh

Kompas.com - 11/07/2012, 09:10 WIB
Ester Meryana

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak mentah jatuh pada Selasa waktu New York atau Rabu (11/7/2012) pagi, menyusul berhasilnya Pemerintah Norwegia menghentikan aksi mogok pekerja minyak setempat dan ekuitas Amerika Serikat menurun untuk hari keempat.

Harga minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengantaran Agustus turun 2,08 dollar AS menjadi 83,91 dollar AS per barel, di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak Brent untuk penetapan Agustus merosot 2,35 dollar AS, atau 2,3 persen, menjadi 97,97 dollar AS per barel, di ICE Futures Europe Exchange, London.

Pemerintah Norwegia telah mengumumkan sebuah pernyataan yang berisi arbitrase (penyelesaian sengketa) pada situs Kementerian Tenaga Kerja yang berbasis di Oslo. Aksi mogok buruh yang telah berlangsung sejak 24 Juni pun berakhir.

Menurut Oil Industry Association pada tanggal 27 Juni lalu, aksi ini telah mengganggu produksi minyak negara pengekspor terbesar di wilayah Eropa Barat ini sebanyak 15 persen. Penyebab lain turunnya harga minyak adalah merosotnya indeks Standard&Poor's 500 (SPX). Indeks menurun karena adanya pesimisme terhadap musim pendapatan dan euro melemah terhadap dollar AS ke posisi terendah dua tahun.

"Berakhirnya aksi mogok para pekerja minyak Norwegia adalah faktor terbesar di balik penurunan (harga minyak) hari ini," sebut Tim Evans, analis energi Citi Futures Perspective, di New York.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com