Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RI Kerja Sama Promosi dengan Peru

Kompas.com - 11/07/2012, 15:07 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Perdagangan Luar Negeri dan Pariwisata Peru.

Nota kesepahaman yang memuat kerja sama antara Kementerian Perdagangan RI dan Kementerian Perdagangan Luar Negeri dan Pariwisata Peru (MINCETUR) di bidang promosi perdagangan diharapkan dapat menjadi salah satu wahana di dalam upaya meningkatkan perdagangan bilateral kedua negara. Kerja sama itu antara lain melalui kegiatan pertukaran informasi, kerja sama di dalam pelaksanaan riset pasar di tiap-tiap negara, dan kegiatan lainnya.

Menurut Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Gusmardi Bustami, Rabu (11/7/2012), Peru merupakan salah satu negara pasar tujuan ekspor nontradisional Indonesia di Amerika Latin. "Peru dan Indonesia dapat saling mengisi dan melengkapi di bidang perdagangan," ujarnya.

Pemerintah menargetkan ekspor ke pasar nontradisional tumbuh sebesar 25 persen tahun ini. Sementara untuk perdagangan bilateral dengan Peru, Indonesia menargetkan total perdagangan mencapai 142,5 miliar dollar AS .

Gusmardi juga mengungkapkan, Menteri Perdagangan RI dan Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Pariwisata Peru pada 15 Maret 2012 melakukan pembicaraan bilateral dan keduanya sepakat bahwa volume perdagangan bilateral di antara kedua negara belum mencerminkan potensi yang ada sehingga perlu dilakukan langkah-langkah strategis untuk meningkatkannya.  

Ekspor Indonesia ke Peru tahun 2011 mencapai 61,98 juta dollar AS, sedangkan impor Indonesia dari Peru pada tahun yang sama 51,38 juta dollar AS sehingga Indonesia mengalami surplus perdagangan sebesar 110,59 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com