Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Carrefour Bidik Omzet hingga Rp 30 Triliun

Kompas.com - 16/07/2012, 12:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Carrefour Indonesia tak menyia-nyiakan momen puasa dan Lebaran kali ini. Peritel terbesar kedua di dunia ini akan memanfaatkan momen tersebut untuk meraih target pertumbuhan penjualan pada 2012.

Head of Public Affairs Carrefour Indonesia, Satria Hamid, menuturkan, tahun ini perusahaan menargetkan penjualan meningkat 50 persen dibanding realisasi tahun lalu.

Kalau sebelumnya, salah satu pemilik Carrefour Indonesia, Chairul Tanjung, menyebutkan realisasi penjualan tahun lalu mencapai Rp 15 triliun. Dengan begitu, perusahaan ini membidik total penjualan sekitar Rp 30 triliun pada 2012. Menurut Satria, khusus di semester kedua ini, Carrefour Indonesia memproyeksikan nilai penjualan bisa tumbuh 30 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Optimisme itu tak lepas dari gambaran pencapaian yang diraih di semester pertama 2012. Meski tak bersedia membeberkan nilai penjualan di paruh pertama tahun ini, Satria mengklaim, pencapaian di semester pertama sudah 20 persen melampaui target semester pertama yang dipatok pada awal tahun.

Nah, demi menggenjot penjualan di paruh kedua ini, perusahaan sudah menyiapkan strategi. Salah satunya dengan menambah volume produk yang dijual selama puasa Lebaran. "Mulai bulan ini, kami menambah volume produk yang dijual di setiap gerai kami sebesar 30 persen dibanding bulan-bulan normal," ujar Satria, Sabtu (15/7/2012).

Katanya, produk yang ditambah didominasi oleh kebutuhan pangan, yaitu mencapai 20 persen. Produk-produk tersebut seperti beras, minyak goreng, gula, tepung terigu, dan bahan sembako lainnya. Sedangkan 10 persen sisanya adalah produk pakaian.

Selain menambah volume produk, strategi lain yaitu dengan melakukan remodelling di 15 gerai Carrefour di seluruh Indonesia.

Remodelling adalah penataan ulang toko-toko lama yang berusia di atas 10 tahun. Nantinya, masing-masing produk di toko tersebut akan diklasifikasikan dan ditempatkan per kategori. Remodelling pertama akan dilakukan di Carrefour Lebak Bulus pada pekan ini.

"Ini demi meningkatkan kenyamanan konsumen. Mereka akan lebih mudah menemukan barang yang mereka cari karena akan diatur per kategori," kata Satria.

Dari sisi performa, hingga Mei 2012, market share Carrefour Indonesia mencapai 8,4 persen dari total ritel modern secara nasional. (Tri Sulistiowati/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com