Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendag: Harga Beras Stabil

Kompas.com - 16/07/2012, 18:12 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Gunaryo, menyatakan, harga beras relatif stabil di tengah-tengah kenaikan harga barang kebutuhan pokok lainnya. "Beberapa komoditi tadi kecuali beras memang relatif masih stabil meskipun panen sudah mulai surut," sebut Gunaryo, dalam konferensi pers, di Jakarta, Senin (16/7/2012).

Ia menyebutkan, harga daging memang ada kenaikan di atas lima persen sekarang ini. Angka itu cukup signifikan. Tapi, kenaikan tidak terjadi di seluruh kota melainkan hanya di beberapa tempat. "Di Banjarmasin itu kebetulan kami turun ke lapangan itu kenaikannya lebih dari lima persen," kata Gunaryo.

Kenaikan harga, menurut Gunaryo, juga biasanya terjadi pada kelapa, cabai, dan gula. "Itu menjadi permintaan yang sangat tinggi," tambahnya.

Terhadap kemungkinan kenaikan harga sejumlah komoditi, Gunaryo berharap agar itu tidak terjadi signifikan. Ada pasar murah dan operasi pasar yang bisa dilakukan untuk menghadapi itu. Selain itu, Kemendag akan melakukan kunjungan ke beberapa pasar mulai dari Jabodetabek hingga ke beberapa kota di Indonesia. Kunjungan ini dilakukan untuk memantau harga barang kebutuhan pokok menjelang Lebaran nanti.

"Operasi pasar sendiri akan kita lakukan untuk operasi pasar beras. Nanti secara berangsur mulai minggu ini dan minggu depan mudah-mudahan di beberapa titik. Tapi kalau untuk pasar murah, komoditi yang akan dijual macam-macam," pungkas Gunaryo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com