Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heineken Tawar Tiger Beer Rp 40 Triliun

Kompas.com - 20/07/2012, 19:18 WIB
Pieter P Gero

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com -- Raksasa industri bir dunia asal Belanda, Heineken, hari Jumat (20/7/2012) di Singapura mengajukan tawaran sebesar 5,1 miliar dollar Singapura atau sekitar Rp 40 triliun untuk membeli saham perusahaan Asia Pacific Breweries (APB) yang berbasis di Singapura. Penawaran Heineken ini berkaitan dengan rencana ekspansi mereka ke Asia Pasifik.

Pihak Heineken menegaskan, mereka menawarkan membayar 50 dollar Singapura per saham untuk seluruh saham Fraser&Neave's (F&N) pada APB. Harga penawaran ini, sebagaimana dilaporkan kantor berita AFP, Jumat, sekitar 8 dollar Singapura di atas harga penutupan di bursa saham Singapura hari Kamis.

Perdagangan saham APB segera dihentikan di bursa saham Singapura menyusul adanya penawaran dari Heineken ini. APB diketahui menghasilkan minuman ringan F&N dan Tiger Beer yang cukup dikenal di pasar Asia Pasifik.

"Penawaran Heineken ini sejalan dengan strategi ekspansi kehadiran Heineken di pasar berkembang," ujar pihak Heineken dalam pernyataan yang dikeluarkan dari kantor pusatnya di Amsterdam, Belanda.

Jika pihak F&N setuju, maka aksi ekspansi ini akan memperkuat landasan bagi Heineken dalam mencatat pertumbuhan di kawasan Asia Pasifik yang diketahui mencatat tingkat pertumbuhan ekonomi paling dinamis dan menarik. Kawasan ini juga dinilai mencatat pertumbuhan penduduk yang signifikan.

Heineken akan memiliki akses langsung ke sejumlah pasar utama dengan menguasai APB. Pasar itu yakni Kamboja, China, Indonesia, Malaysia, Selandia Baru, Papua Niugini, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com