Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Buka Rute Balikpapan - Singapura

Kompas.com - 25/07/2012, 16:37 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai salah satu upaya meningkatkan layanan kepada para pengguna jasa, khususnya bagi pengguna jasa di wilayah Indonesia Timur, mulai hari Jumat (27/7/2012) Garuda Indonesia akan melayani rute baru Balikpapan - Singapura.

"Penerbangan Garuda Indonesia rute Balikpapan-Singapura tersebut merupakan perpanjangan dari penerbangan rute Makassar - Singapura pp," kata VP Corporate Communications, Garuda Indonesia, Pujobroto, Rabu (25/7/2012) di Jakarta.  

Garuda Indonesia melayani penerbangan tersebut sebanyak empat kali seminggu yaitu pada hari Senin, Rabu, Jumat Minggu. Pada tiap Senin, Jumat, Minggu, pesawat (GA848) berangkat dari Makassar pukul 08.55 WITA, kemudian tiba di Balikpapan pukul 10.05 WITA dan selanjutnya berangkat dari Balikpapan pukul 10.55 WITA dan tiba di Singapura 13.10 LT. Kemudian akan berangkat kembali dari Singapura dengan GA 849 pukul 14.00 LT dan tiba di Balikpapan pada pukul 16.25 WITA dan melanjutkan penerbangan ke Makassar pukul 17.15 dan akan tiba di Makassar pada pukul 20.20 WITA.

Sementara itu setiap hari Rabu, Garuda Indonesia melayani penerbangan Makassar-Balikpapan-Singapura-Balikpapan-Makassar dengan jadwal keberangkatan dari Makassar (GA 848) 07.55 WITA dan tiba di Balikpapan pukul 09.05 WITA dan berangkat dari Balikpapan pukul 09.55 WITA dan tiba di Singapura pada pukul 12.10 LT. Kemudian berangkat dari Singapura pada pukul 13.10 LT dan tiba di Balikpapan pada pukul 15.35 WITA dan berangkat ke Makassar pada pukul 16.25 WITA dan tiba di Makassar pada pukul 17.30 WITA.

Penerbangan ini dilayani dengan pesawat jenis Boeing 737-500 dengan kapasitas kursi sebanyak 96 penumpang dengan konfigurasi 12 penumpang di Kelas Eksekutif dan 84 di Kelas Ekonomi. Garuda Indonesia berharap dengan dibukanya rute tersebut akan lebih memudahkan pengguna jasa dari Singapura untuk mengunjungi Indonesia dengan memberikan alternatif kota lain selain Jakarta, Denpasar dan Makassar.

Balikpapan merupakan salah satu pintu gerbang di Indonesia Timur dengan pertumbuhan bisnis yang sangat pesat. Rute ini juga diharapkan dapat memfasilitasi para pengguna jasa Garuda Indonesia khususnya para pekerja di bidang perminyakan dan pertambangan di Kalimantan Timur yang akan melakukan kunjungan keluarga, bisnis, maupun wisata ke Singapura. Rute ini juga diharapkan dapat meningkatkan aktifitas perekonomian, wisata, dan sosial budaya antara kedua kota.                

Melalui program pengembangan network, sebelumnya Garuda Indonesia juga telah membuka rute Denpasar-Haneda, Jakarta - Taipei, juga telah membuka rute Bandung - Surabaya  serta menambah frekuensi penerbangan antara Jakarta dan kota - kota besar domestik seperti Jakarta - Pekanbaru dari lima kali menjadi enam kali setiap hari ; dan Jakarta - Batam dari empat kali menjadi lima kali setiap hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com